Identifikasi pemahaman siswa menggunakan model peta konsep mata pelajaran kelistrikan otomotif pada kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa

Muh. Bhilal, Halim and Akmal, Hidayat and M. Miftach, Fakhri and Kurnia, Prima Putra and Fadhilarahman, Baso (2022) Identifikasi pemahaman siswa menggunakan model peta konsep mata pelajaran kelistrikan otomotif pada kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Information Technology Education Journal, 1 (2): 1. pp. 1-6. ISSN 2809-7971

[thumbnail of 2809-7971_1_2_2022-1.pdf]
Preview
Text
2809-7971_1_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (376kB) | Preview

Abstract

Identifikasi Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Evaluasi Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dalam bentuk deskriptif yang melibatkan variabel tunggal, yaitu pemahaman yang diidentifikasi dengan cara evaluasi model peta konsep. populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 120 siswa yang tersebar pada 3 kelas. Sampel yang dipilih secara acak sebanyak 30 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara : Nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi multiple choice sebagai data pembanding dan nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi model peta konsep. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif inferential, Selanjutnya data tersebut dideskriptifkan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa pemahaman kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu kabupaten gowa yang diidentifikasi dengan evaluasi multiple choice oleh guru bidang studi berada pada kategori tinggi dengan persentase skor ≥ 43,33% sedangkan identifikasi pemahaman siswa oleh peneliti menggunakan evaluasi model peta konsep berada pada kategori rendah dengan persentase skor ≤ 30,00% dengan siswa yang sama. Melihat hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi model peta konsep lebih ideal digunakan dalam mengevaluasi pemahaman konsep siswa karena gambaran pemahaman siswa terlihat pada diagram pemetaan konsep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi pemahaman, Model peta konsep, Learning methods, Concept mapping, Vocational schools
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:12
Last Modified: 20 Sep 2023 05:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20834

Actions (login required)

View Item
View Item