Hubungan pembelajaran daring terhadap tingkat stress akademik anak selama pandemi covid 19 di SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung

Dimas Adi Krisna and Riska Wandini and Linawati Novikasari (2023) Hubungan pembelajaran daring terhadap tingkat stress akademik anak selama pandemi covid 19 di SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 5 (2): 21. pp. 556-567. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_Dimas Adi Krisna,_Universitas Malahayati Lampung_2023-21.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dimas Adi Krisna,_Universitas Malahayati Lampung_2023-21.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia mengganggu seluruh acara public dan menyebabkan penutupan sementara beberapa institusi, termasuk institusi pendidikan. Pemerintah telah menetapkan kebijakan daring. Buletin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang menyatakan bahwa pendidikan harus dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran covid 19. Diketahui Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Stress Akademik Anak Selama Pandemi Covid 19 Di Sdn 2 Kedamaian Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah Retrospektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswikelas 3 SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung sebanyak 109 orang dengan jumlah sampel 86 responden. Dan untuk teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, kuesioner yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner ESSA. Penelitian ini menggunakan ananalisa data univariat dan analisa data bivariat. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diketahui responden dari 86 responden didapatkan karakteristik responden. Berdasarkan usia mayoritas responden berusia 9 tahun (77,9%). Berdasarkan jenis kelamin mayoritas responden perempuan (54,7%). Hasil uji statistik diperoleh p-value = 0,018 yang berarti p<α (0,05). Terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan tingkat stres akademik. Didapatkan pembelajaran daring lebih stres dari pada pembelajaran tidak daring dengan nilai OR 1,926 didapatkan sebanyak 23 dari 41 responden tidak daring mengalami stres sedang (56,1%). Sebanyak 32 dari 45 responden yang daring mengalami stress sedang (71,1%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stress Akademik Anak, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 05 Nov 2023 05:32
Last Modified: 05 Nov 2023 05:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item
View Item