Sugeng A Karim and Jumadi M Parenreng and Abdul Hafizh (2022) Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah jaringan komputer di Prodi PTIK UNM. INTEC: Information Technology Education Journal, 1 (1). pp. 53-78. ISSN 2809-7971
Jurnal_Sugeng A Karim_Uniersitas Negeri Makassar_2022-9.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang merupakan singkatan dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian pengembangan Modul Pembelajaran Teori dan Praktikum Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer dengan jumlah subjek uji coba sebanyak 26 mahasiswa dipilih secara proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan angket, dan data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket atau lembar validasi responden terhadap Modul dapat ditarik kesimpulan bahwa modul tersebut masuk pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase dari keseluruhan aspek yaitu 87% dan berdasarkan hasil dari validitas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Modul masuk kedalam kategori valid dikarenakan semua hasil validitas materi dan media berada di atas 61% yang berarti modul yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria valid, praktis dan efisien digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jaringan Komputer, E-Modul, Modul Pembelajaran |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Computer Software Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 09:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20737 |