Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien Klinik Revalisa Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan

Dwi, Ris Andiyanto and Andi, Yusuf and Muhammad, Khadafi (2023) Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien Klinik Revalisa Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 5 (2): 3. pp. 335-358. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_ Dwi Ris Andiyanto_Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Tamalatea Makassar_2023-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_ Dwi Ris Andiyanto_Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Tamalatea Makassar_2023-3.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas yang dapat memuaskan setiap pengguna jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat atau pasien serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan kesehatan yang berlaku. Kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepuasan pengguna jasa dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Mutu pelayanan kesehatan pada pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik haruslah tetap terjaga mutunya sebab tingkat kepuasan pasien sangat menetukan eksistensi suatu instansi terutama klinik kesehatan, dimana mutu pelayanan kesehatan berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian adalah mengetahui factor yang berpengaruh terhadap kepuasan Pasien dalam Menerima Pelayanan Kesehatan Di Klinik Revalisa Pangkalan Balai Provinsi Sumatra Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan Pendekatan analitik dan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 50 pasien. Pengumpulan data primer diperoleh dari pengisian kuesioner. Analisis yang digunakan adalah uji Chi-Square dengan batas kemaknaan (α) = 0,05.hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan emphati dengan kepuasan pasien di Klinik Revalisa Pangkalan Balai dengan nilai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Patient satisfaction, Health services, Quality of services
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Social and Political Sciences
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:13
Last Modified: 05 Sep 2023 05:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item
View Item