Pengembangan prototipe bosscha computer cluster dan gadget-2

Muhammad Yusuf (2011) Pengembangan prototipe bosscha computer cluster dan gadget-2. In: Prosidings Seminar Himpunan Astronomi Indonesia, 27 Okt 2011, Bandung.

[thumbnail of Prosidings_M. Yusuf_Institut Teknologi Bandung_2011.pdf]
Preview
Text
Prosidings_M. Yusuf_Institut Teknologi Bandung_2011.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Computer cluster merupakan sebuah kumpulan komputer yang bekerja bersama-sama sedemikian sehingga sistem tersebut dapat dianggap sebagai sebuah komputer. Bosscha Computer Cluster mengambil desain beowulf yang disederhanakan (microwulf), di mana terdapat satu komputer server dan tiga komputer simpul. Microwulf menawarkan rasio terbaik antara performa dan harga jika dibandingkan dengan superkomputer jenis lainnya Dalam pengembangannya Bosscha Computer Cluster kini memiliki efesiensi komputasi sebesar 50% dengan daya komputasi sebesar 9.6 Gflops. Sistem ini kemudian digunakan untuk mensimulasikan tabrakan dua galaksi dengan menggunakan aplikasi Gadget-2. Masing-masing galaksi memiliki 20.000 partikel pada piringannya dan 40.000 partikel di bagian halo-nya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Computer cluster – Beowulf – Gadget-2
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pengembangan Pengoperasian, dan Pemeliharaan Peralatan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:07
Last Modified: 26 Oct 2023 03:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item
View Item