Muhammad, Mudzakkir and Norma, Risnasari (2021) Persepsi mahasiswa terhadap keterampilan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Nusantara Medika, 5 (2): 10. pp. 85-97. ISSN 2963-3311
Jurnal_Muhammad Mudzakkir_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2021-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (654kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh, Kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring sangat diperlukan guna tercapainya tujuan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemampuan berkomunikasi dosen dalam kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Metode diskriptif dengan sampel 53 orang mahasiswa Prodi DIII Keperawatan UNP Kediri. Hasil penelitian didapatka n persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran cukup, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen untuk tampil secara bersemangat dan bersungguh- sungguh dalam kegiatan pembelajaran baik, persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dosen mengelola interaksi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran baik . Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi institusi pendidikan khususnya dosen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pembelajaran, Daring, Covid-19, Electronic learning, Learning processes, Teaching methods |
Subjects: | Communication Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:25 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:25 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20610 |