Roket air sebagai sarana pembelajaran sains keantariksaan sejak dini

Aldino A. Baskoro (2011) Roket air sebagai sarana pembelajaran sains keantariksaan sejak dini. In: Prosidings Seminar Himpunan Astronomi Indonesia, 27 Okt 2011, Bandung.

[thumbnail of Prosidings_A. A. Baskoro_Sekolah Alam Bandung_2011.pdf]
Preview
Text
Prosidings_A. A. Baskoro_Sekolah Alam Bandung_2011.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia astronomi, roket berperan secara tidak langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari benda-benda langit yang akan diteliti. Atmosfer bumi menyebabkan tidak semua panjang gelombang yang dipancaran objek langit dapat sampai ke permukaan Bumi. Teleskop landas angkasa pun diterbangkan ke luar angkasa dengan bantuan roket. Selain itu, kendaraan-kendaraan penjelajah planet (rover) maupun satelit pengorbit planet (orbiter) diterbangkan ke luar Bumi dengan bantuan roket juga. Dalam dunia pendidikan, mekanisme roket dapat dipelajari secara menyenangkan melalui roket air. Anak-anak dapat belajar sejak dini sehingga diharapkan dapat menumbuhkan minat mereka untuk menekuni bidang ilmu ini secara lebih mendalam. Roket air yang dipaparkan dalam makalah ini adalah roket air yang telah penulis teliti, buat, dan sempurnakan sejak tahun 2008. Cara pembuatannya telah dipublikasikan di website langitselatan (www.langitselatan.com). Roket air ini merupakan roket air yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di Indonesia. Roket air ini telah digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa di sekolah dan juga telah digunakan sebagai sarana latihan bagi siswa yang memiliki minat dan kemampuan untuk mengikuti kompetisi roket air pada berbagai level.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: roket air - noozle - kompetisi
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:02
Last Modified: 24 Oct 2023 04:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item
View Item