Dari doktrin ke aplikasi implikasi Teologi sebagai aplikasi John M. Frame dalam konteks pendidikan Teologi dan pelayanan gerejawi

Hendra, Winarjo (2022) Dari doktrin ke aplikasi implikasi Teologi sebagai aplikasi John M. Frame dalam konteks pendidikan Teologi dan pelayanan gerejawi. Verbum Christi: Jurnal Teologi Reformed Injili, 9 (1): 1. pp. 3-21. ISSN 2355-6374

[thumbnail of Jurnal_Hendra Winarjo_STT Seminari Alkitab Asia Tenggara_2022-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hendra Winarjo_STT Seminari Alkitab Asia Tenggara_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (782kB) | Preview

Abstract

Sejak zaman modern, sifat dari teologi telah mengalami pemisahan yang tidak perlu antara disiplin ilmu yang bersifat teoritis-doktrinal, atau aplikasi praktis. Tujuan artikel ini adalah untuk mengusulkan bahwa sifat dari teologi sebagai aplikasi dan menarik implikasinya dalam konteks pendidikan teologi dan pelayanan gerejawi. Penulis menggunakan pandangan John M. Frame yang berpendapat bahwa teologi tidak boleh dipandang hanya sebagai doktrin yang bersifat teoritis yang abstrak, atau hanya mengajarkan bagaimana untuk hidup, tetapi teologi perlu dipandang sebagai kehidupan itu sendiri. Implikasi dari teologi sebagai aplikasi dalam konteks pendidikan teologi dan pelayanan gerejawi menunjukkan keterikatan dan keterlibatan antara seminari atau sekolah teologi dan gereja. Dengan memandang teologi sebagai aplikasi, tujuan berteologi tidak hanya sebatas berteori, tetapi juga menjadi pelaku firman Allah karena terdapat hubungan yang erat antara apa yang diketahui dan apa yang dilakukan, dan demikian juga sebaliknya secara sirkular.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Theology, John M. Frame, Doctrinal theology, Religious aspects
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:41
Last Modified: 24 Jul 2023 06:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item
View Item