Sistem Lidar resolusi tinggi untuk pengukuran profil ozon Tropopause di wilayah khatulistiwa

Syafrijon and Afrizal B. (2012) Sistem Lidar resolusi tinggi untuk pengukuran profil ozon Tropopause di wilayah khatulistiwa. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Syafrijon_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Syafrijon_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

DIAL (differential absorption lidar) sistem resolusi tinggi untuk pengukuran profil ozon vertical di wilayah tropopause khatulistiwa di Kototabang, Indonesia. Instrument ini akan memberikan kontribusi untuk penjelasan mengenai perubahan iklim dengan mendapatkan informasi tentang profil ozon mengunakan observasi resolusi tinggi, dan gelombang-propagasi dan transportasi material menggunakan ozon sebagai pelacak dari troposfer ke stratosfer bawah di atas khatulistiwa. Jumlah aerosol troposfer diamati sekitar tropopause atas Kototabang jauh lebih dari pada di garis lintang tengah. ini merupakan bukti adanya pertukaran bahan aktif antara troposfer dan stratosfer di atas daerah khatulistiwa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: differential absorption lidar, aerosol, ozone vertical
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:35
Last Modified: 20 Oct 2023 04:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item
View Item