Ellis Susmawati Penerapan pendekatan quantum (quantum teaching and learning) mata pelajaran dasar-dasar akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1 (2). pp. 6-16. ISSN 2807-5420
Jurnal_Ellis Susmawati_SMPN 1 Semen Kediri_2021-2.pdf
Download (469kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa, teknik analisis data statistik deskriptif: prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian siklus pertama motivasi dan aktifitas peserta didik dengan kategori 60 % kurang dan 40 % cukup. Test hasil belajar nilai 40 % kurang dan 60 % cukup. Hal ini disebabkan peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Siklus ke dua pelaksanaan pembelajaran dengan model quantum teaching ditambah dengan metode ceramah dimana guru masih menjelaskan hal-hal yang penting menghasilkan motivasi dan aktifitas siswa 40 % berkategori cukup dan 60 % berkategori baik. Sedang test hasil belajar 40 % siswa mempunyai nilai cukup dan 60 % siswa mempunyai nilai baik. Siklus ke tiga pembelajaran model quantum teaching siklus ketiga 40 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik dan 60 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik sekali.Sedang test hasil belajar 60 % siswa mempunyai nilai baik dan 40 % siswa mempunyai nilai baik sekali. Hal ini disebabkan siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Test hasil belajar dalam bentuk ketuntasan belajar baik secara individu maupun kelas berkategori baik sekali karena mencari pengetahuan melalui motivasi dan aktifitas yang tinggi dalam pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum teaching, Motivasi, Aktifitas, Prestasi belajar, Motivator, Fasilitator, Academic achievement, Teaching methods, Vocational education , Vocational school students, Achievement tests |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20371 |