Rifaldi Azis and Furkon Nurhakim and Kosim and Atlastieka Praptiwi and Iwan Shalahuddin (2022) Gambaran motivasi belajar pada siswa afirmasi di SMA Negeri 4 Garut. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 4 (12): 8. pp. 3278-3292. ISSN 2655-2728
Jurnal_Rifaldi Azis_Universitas Padjadjaran_2022.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Siswa Afirmasi merupakan peserta didik yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), dalam hal ini mereka merupakan pesera didik dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu. Motivasi belajar merupakan dorongan psikologis yang ada pada seseorang untuk melakukan suatu tindak untuk mencapai tujuan belajar. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya faktor ekonomi. SMAN 4 Garut membuka jalur penerimaan siswa melalui program afirmasi. Berbeda dengan penelitian lainnya, prestasi siswa afirmasi di SMAN 4 Garut menunjukkan prestasi yang bagus dan nilai rata-rata siswa afirmasi sama rata dengan siswa yang non afirmasi. Penelitian ini bermaksud untuk melihat gambaran motivasi belajar pada Siswa Menengah di sekolah afirmasi SMA 4 Garut. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan variabel motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah 61 siswa afirmasi di SMA Negeri 4 Garut. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) uji reabilitas hasil alpha crobach dengan nilai keseluruhan yaitu 0,93 dan setiap domain ≥0.67 nilai uji validitas Cronbach’s Alpha yang bervariasi antara 0,63 sampai dengan 0,94 . Kuesioner ini memiliki 31 pertanyaan Yang menggunakan skala likert 1 sampai 7 dan hasil ukurnya yaitu motivasi rendah, sedang dan tinggi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu univariat yang disajikan dala bentuk distribusi frekuensi. Hasil peneltian motivasi belajar pada siswa afirmasi di SMA Negeri 4 Garut didapatkan bahwa sebagian besar siswa afirmasi memiliki motivasi belajar sedang yaitu sebanyak 65,6%. Simpulan secara keseluruhan sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang sedang dan belum maksimal. Saran dalam penelitian ini yaitu untuk lebih memperhatikan lagi dan berikan dukungan penuh kepada siswa-siswi afirmasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning motivation, Academic achievement, Affirmation students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2023 08:57 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20274 |