Hubungan self-efficacy dengan academic burn-out saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak

Zehro Masitoh and Triyana Harlia Putri and Faisal Kholid Fahdi (2022) Hubungan self-efficacy dengan academic burn-out saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 4 (12): 6. pp. 3243-3257. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_Zehro Masitoh_Universitas Tanjungpura_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Zehro Masitoh_Universitas Tanjungpura_2022.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 memberikan berbagai dampak negatif dalam dunia pendidikan, diantaranya perubahan metode pembelajaran dari luring menjadi sepenuhnya daring. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kejenuhan akademik (academic burnout) pada mahasiswa yang berpengaruh terhadap proses perkuliahan.Terdapat faktor individu yang mempengaruhi academic burnout, salah satunya adalah self-efficacy atau keyakinan diri mahasiswa. Mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. Penelitian bersifat kuantitatif menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian mengggunakan kuesioner GSES dan MBI-SS pada 185 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan stratified random sampling. Uji bivariate dalam penelitian ini menggunakan Spearman rho. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak dengan nilai (p-value=0,019) dan nilai (r=-0,172). Hasil penelitian berarah negatif, yang bermakna semakin tinggi self-efficacy maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya. Terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Academic burnout, Pandemic, COVID-19, Occupational stress
Subjects: Medicine & Biology > Stress Physiology
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:14
Last Modified: 30 Jul 2023 09:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item
View Item