Indeks bias lapisan ionosfer di atas Tangerang untuk tahun 1981

Slamet Syamsudin and Koeswadi (1986) Indeks bias lapisan ionosfer di atas Tangerang untuk tahun 1981. In: Proceeding Program Penelitian Pusat Riset Dirgantara LAPAN, Februari 1986, Bandung.

[thumbnail of Proceeding_Slamet Syamsudin_Pusat Riset Dirgantara LAPAN_1983.pdf]
Preview
Text
Proceeding_Slamet Syamsudin_Pusat Riset Dirgantara LAPAN_1983.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka peningkatan komunikasi radio melalui media ionosfer maka perlu diuraikan parameter fiets yang dominan antara lain adalah indeks bias. Antara frekuensi plasma fp dan ketinggian semu h1 dari data ionosonda variabel di Tangerang kita asumsikan berbentuk parabola. Untuk mendapatkan ketinggian yang sebenarnya h, kita gunakan metoda numerik dari tiap elemen ketinggian sebenarnya, hal ini karena kita tinjau di tiap tingkat dari elemen ketinggian sebenarnya. Karena indeks bias merupakan fungsi dari frekuensi yang dipancarkan oleh suatu pemancar, maka untuk tahun 1981 diambil frekuensi makeimen dari data ionosonda variabel Tangerang sebesar 16 Mila.
Berdasarkan hal tersebut di atas kita dapat menentukan hubungan antara indeks bias dengan ketinggian sebenarnya untuk frekuensi 16 MHz.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:14
Last Modified: 19 Oct 2023 03:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20263

Actions (login required)

View Item
View Item