Kandungan logam berat pada daging dada dan hati ayam broiler yang dijual di pasar tradisional Kota Semarang setelah direbus dan dibakar

B. Dwiloka and J.Zia Ulhaq and ., D.Wahyundari and ., R.Miranda (2006) Kandungan logam berat pada daging dada dan hati ayam broiler yang dijual di pasar tradisional Kota Semarang setelah direbus dan dibakar. In: Risalah Seminar Ilmiah Aplikasi Isotop dan Radiasi, 12 Desember 2006, 12 Desember 2006, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_B Dwiloka_pusat kajian keamanan pangan_2006 (sdh).pdf]
Preview
Text
Prosiding_B Dwiloka_pusat kajian keamanan pangan_2006 (sdh).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat pada dada dan hati broiler yang dijual di pasar tradisional Kota Semarang baik dalam keadaan segar, setelah direbus, maupun setelah dibakar. Percobaan dilaksanakan pada bulan Februari 2005. Bahan yang dipakai untuk merebus akuades dan untuk membakar adalah arang kayu. Pengujian logam berat dilakukan dengan teknik neutron activated analysis. Rancangan acak kelompok digunakan dalam percobaan ini. Data dianalisis dengan analisis ragam dan uji lanjut dengan uji Beda Nyata Terkecil. Hasil percobaan menunjukkan bahwa Fe, Se dan Cr berada di atas ambang batas pada hati dan Se hanya pada dada sega, sedangkan untuk Zn, Co, Hg berada di bawah ambang batas baik pada dada maupun hati segar, Fe dan Cr hanya pada dada, As pada hati. Perebusan menurunkan (P<0,05) Fe, Zn, Se, Cr, Co dan Hg pada dada dan hati dan As hanya pada hati, sedangkan pembakaran meningkatkan (P<0,05) Fe, Zn, Se dan Cr pada dada dan hati, tetapi menurunkan Co dan Hg pada dada dan hati dan As hanya pada hati. Simpulan percobaan ini adalah bahwa pada dada dan hati broiler yang di jual di pasar tradisional Kota Semarang mengandung sebagian logam berat yang berada di ambang batas. Perebusan mampu menurunkan kandungan logam berat, sedangkan pembakaran meningkatkan kandungan logam berat pada dada dan hati, meskipun juga dapat menurunkannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Agriculture & Food > Animal Husbandry & Veterinary Medicine
Divisions: OR_Pertanian_dan_Pangan > Peternakan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 18 Oct 2023 14:24
Last Modified: 18 Oct 2023 14:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20230

Actions (login required)

View Item
View Item