Pengaruh Indian Ocean Dipole terhadap curah hujan di beberapa wilayah Jawa

Martono (2012) Pengaruh Indian Ocean Dipole terhadap curah hujan di beberapa wilayah Jawa. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Martono_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Martono_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Indian Ocean Dipole terhadap variabilitas curah hujan di beberapa wilayah Jawa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif Data yang digunakan adalah anomali gradien suhu permukaan laut yang diperoleh dari Japan Agency For Marine-Earth Science And Technology (JAMSTEC) dan curah hujan bulanan di Jakarta, Karawang, Semarang, Bandung, Cilacap dan Banyuwangi dari tahun 1973-2003 yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)Hasil analisis menunjukkan bahwa variabilitas curah hujan di beberapa wilayah Jawa dipengaruhi oleh Indian Ocean Dipole. Secara umum, jumlah curah hujan pada saat Indian Ocean Dipole fase positif mengalami penurunan, sebaliknya pada saat Indian Ocean Dipole fase negatif mengalami kenaikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Indian Ocean Dipole, curah hujan, Jawa
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:33
Last Modified: 18 Oct 2023 08:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item
View Item