Pengaruh instagram dalam membentuk perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Eunike, Rose Mita Lukiani and Ayu, Nur Rizka and Tjetjep, Yusuf Afandi and Zainal, Arifin and Bayu, Surindra and Elis, Irmaynti and Efa, Wahyu Prastyaningtyas (2021) Pengaruh instagram dalam membentuk perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1 (1). pp. 1-7. ISSN 2807-5420

[thumbnail of Jurnal_Eunike Rose Mita Lukiani_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2021-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Eunike Rose Mita Lukiani_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2021-1.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa Instagram berkontribusi aktif dalam membentuk perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi, yang ternyata pengaruh ini belum disadari oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri yang notabene didik menjadi guru ekonomi. Adapun metode penelitian ini Mix Method, kuantitatif dan Kualitataif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang kemudian diolah uji korelasi sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 hal dalam Instagram yang memicu perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, diantaranya: 1)Durasi, 2)Frekuensi, 3)Following, 4)Follower, 5)Hal yang dinggah. Mengingat besarnya kerugian perilaku konsumsi yang irasional, maka hasil temuan ini penting untuk dipublikasikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Communication media, College students, Consumptive use
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Economics and Business
Economics and Business > Foreign Business & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 07 Sep 2023 11:54
Last Modified: 07 Sep 2023 11:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item
View Item