Eryani, Wahyuningtyas and Febrianto, Febrianto (2021) Efektivitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1 (1). pp. 8-13. ISSN 2807-5420
Jurnal_Eryani Wahyuningtyas_SMK Pemuda Krian Sidoarjo_2021-2.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia pada saat ini, pemilihan media belajaran yang tepat diharapkan mampu meningkatan efektifitas pembelajaran di kelas. Untuk itu tujuan dari kegiatan penelitian yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi terutama pada masa pandemi covid-19. Metode penelitiannya yaitu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahap rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu digunakan juga analisis data komparatif untuk mengetahui adanya perbedaan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum dengan sesudah tindakan. Hasil penelitian yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari setiap siklusnya, pada siklus pra Tindakan ketuntasan klasikan sebesar 76%, mengalami kenaikan pada siklus pertama menjadi 81%, dan siklus ke-2 mengalami kenaikan menjadi 87%. Dan hasil dari uji komparatif menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum-sesudah adanya penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi. Sehingga pembelajaran akuntansi dengan menerapkan media belajar whatsapp dapat berjalan dengan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Communication media, Effective mass (physics), Accounting |
Subjects: | Communication Economics and Business Economics and Business > Foreign Business & Economics |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 12:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 12:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20120 |