Pengaruh bermain game online dan sistem pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa sma negeri I remboken

Fanda Vitary Manengal and Ventje A Senduk and Gilly M Tiwow (2021) Pengaruh bermain game online dan sistem pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa sma negeri I remboken. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-10. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi]
Preview
Text (Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Jurnal_Fanda Vitary Manengal_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bermain game online dan sistem pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei analitis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online memiliki pengaruh terhadap variabel antusias belajar. Hal ini berarti ketika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken bermain game online secukupnya hanya untuk menghilangkan rasa penat maka hal itu akan meningkatkan kembali rasa antusias belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable pembelajaran daring memberikan pengaruh terhadap variabel antusias belajar, hal ini berarti ketika siswa melakukan pembelajaran daring dengan metode belajar yang menyenangkan maka dapat meningkatkan antusias belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online dan pembelajaran daring secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap antusias belajar siswa kelas XI IPS SMA negeri 1 Remboken. Artinya jika siswa bisa memanfaatkan game online dan pembelajaran daring dengan baik, maka antusias belajar akan meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game online, Electronic learning, Learning motivation
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:35
Last Modified: 27 Jul 2023 05:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item
View Item