Juli, Sulaksono and Nizar, Zakaria (2020) Peranan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4 (1): 5. pp. 41-48. ISSN 2580-4952
Jurnal_Juli Sulaksono _Universitas Udayana_2020-5.pdf
Download (325kB) | Preview
Abstract
Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran
digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta UMKM Kirana Desa Tales, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan menggunakan slide power point dan proyektor LCD; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, cerita, dll). Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka dan mereka belum memisahkan akun toko online mereka dengan akun pribadi mereka, beberapa orang lain menggunakannya sesekali, dan sisanya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya teknologi ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Digital marketing, Social media, Small scale enterprises, Electronic commerce |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Applications Software Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 08:33 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 08:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19995 |