Penerapan metode analisis komposit dalam menentukan terjadinya perbedaan musim kemarau/penghujan di Kab. Kukar, Bulungan dan Berau Provinsi Kalimantan Timur secara serempak (SIMULTAN)

Eddy Hermawan and Adi Witono (2012) Penerapan metode analisis komposit dalam menentukan terjadinya perbedaan musim kemarau/penghujan di Kab. Kukar, Bulungan dan Berau Provinsi Kalimantan Timur secara serempak (SIMULTAN). In: Seminar Nasional Sains Atmosfer & Antariksa 2012: Memperkuat Sains Atmosfer dan Antariksa serta Teknologinya untuk mendukung Kemandirian Kedirgantaraan Nasional, 27 November 2012, Puspitek Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Eddy_LAPAN_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Eddy_LAPAN_2012.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Satu masalah utama yang dihadapi oleh Pemda Provinsi Kalimantan Timur terkait dengan dilaksanakannya program Food and Rice Estate adalah penentuan awal musim tanam yang tepat di tiga kawasan utama yang memang telah ditetapkan sebagai prototype program di atas, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (KuKar)Bulungan dan Berau. Penelitian ini difokuskan pada penentuan datangnya awal musim, baik musim penghujan, kemarau atau pun transisi yang terjadi di tiga kawasan tersebutBanyak teknik yang dilakukan, satu diantaranya adalah diterapkannya teknik analisis komposit (composite technique analysis) terhadap data indeks Monsun global selama 60 tahun pengamatan (1949- 2008) setelah diverifikasi dengan data anomali curah hujan selama 13 tahun (1998-2001) hasil penurunan dari data satelit TRMM (Tropical Rainfall Measuring Mission), masing-masing di tiga Kabupaten di atasHasilnya menunjukkan bahwa tiga kawasan tersebut, ternyata memiliki respon atau tanggap yang berbeda terhadap datangnya awal musim, seperti disaat Kabupaten Kutai Kartanegara dan Berau sudah memasuki musim kering, ternyata Kabupaten Bulungan justru masih menunjukkan musim basahSementara contoh lain, dibahas lebih rinci dalam makalah ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Analisis Komposit, Indeks Monsun Global, dan Penentuan Awal Musim
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 10 Oct 2023 15:13
Last Modified: 10 Oct 2023 15:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item
View Item