Pemodelan Self Organizing Maps (SOM) untuk pengelompokan pengaduan masyarakat pada stasiun radio X

Patmi Kasih and Maulana Rizki (2019) Pemodelan Self Organizing Maps (SOM) untuk pengelompokan pengaduan masyarakat pada stasiun radio X. Generation Journal, 3 (1): 8. pp. 54-64. ISSN 2580-4952

[thumbnail of Jurnal_Patmi Kasih_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2019-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Patmi Kasih_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2019-8.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Informasi yang berasal dari masyarakat secara langsung mengenai suatu peristiwa, kondisi, kebutuhan, hasil pengamatan dan suatu berita yang disampaikan kepada stasiun radio X di Kota Kediri merupakan salah satu cara dan bentuk komunikasi masyarakat kepada instansi terkait di pemerintahan. Berdasarkan pengaduan masyarakat, instansi terkait yang berhubungan dengan pokok pengaduan dapat melakukan suatu tindak lanjut sesuai dengan kebutuhan. Dalam pemodelan dengan Self Organizing Maps (SOM) ini dilakukan pengelompokan pengaduan masyarakat yang terkait dengan instansi pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pencatatan Sipil, dan Dinas Pariwisata. Dengan banyaknya pengaduan masyarakat yang masuk ke stasiun radio X di Kota Kediri, maka diperlukan suatu model (sistem) yang dapat membantu dalam memilah setiap pengaduan dari masyarakat berdasarkan kelompok instansi pemerintahan yang terkait dengan pokok pengaduan tersebut.
Pemodelan ini menggunakan teknik text mining untuk pre-proses datanya, untuk mendapatkan fitur dari text pengaduan, dan self organizing maps untuk penentuan kelompoknya. Data yang digunakan dalam pemodelan ini sebanyak 52 data pengaduan yang topiknya dibatasi ke 5 topik yang telah ditentukan berdasarkan instansi tujuan. Dari 20 data dan 52 data, nilai net som yang digunakan mempengaruhi hasil akurasi. Ketika menggunakan net som 5 diperoleh tingkat akurasi 75% dan ketika menggunakan net som 25 akurasinya meningkat menjadi 78%. Berdasarkan uji coba sistem dengan kalimat pengaduan yang komplek, dalam arti memuat beberapa kata yang berhubungan dengan lebih dari satu instansi, sistem belum mampu menentukan kelompoknya dengan instansi tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaduan, Text mining, Clustering, Self organizing maps, Municipal services, Complaints (Civil procedure)
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:39
Last Modified: 10 Aug 2023 07:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19958

Actions (login required)

View Item
View Item