Pemijatan pada bayi usia 0-2 tahun di RW 4 (RT 1 dan 3) Desa Wantisari Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak

Nurulicha and Imelda Diana Marsilia and Eka Maulana Nurzanah and Dina Martha Fitri and Yulita Nengsih (2022) Pemijatan pada bayi usia 0-2 tahun di RW 4 (RT 1 dan 3) Desa Wantisari Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (12): 16. pp. 4323-4332. ISSN 2615-0921

[thumbnail of Jurnal_Nurulicha_STIKes Mitra RIA Husada Jakarta_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurulicha_STIKes Mitra RIA Husada Jakarta_2022-16.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Stimulasi atau rangsangan yang baik untuk anak dapat diberikan oleh orang tua untuk perkembangan potensinya secara maksimal. Faktor yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak yaitu nutrisi yang tercukupi, lingkungan keluarga yang mendukung merupakan dasar untuk tumbuh kembang anak. Selain itu dari segi personal anak dapat diberikan stimulasi, salah satu bentuk stimulasi yang umum dilakukan orang tua untuk bayi. Saat memijat bayi, kita membantu otak anak memproduksi hormon oksitosin, yang menurunkan kadar stres dalam otaknya. Dengan kata lain, pijatan bayi bisa membantunya relaks, mengurangi lama ia menangis, dan membantunya tidur. Selain itu, salah satu keuntungan lain untuk pijat bayi adalah kemampuannya untuk memperkuat sistem pencernaannya, sehingga membantu ketidaknyamanan yang dialami bayi, seperti masuk angin dan sembelit. Selain membantu sistem penting dalam tubuh si anak, memijat bayi juga membantu pertumbuhannya. Saat kita memijat si bayi, sentuhan tersebut mengirimkan sinyal kepada kelenjar pituitary di dalam otak si kecil. Hal ini kemudian melepaskan HGH, hormon pertumbuhan manusia, yang artinya membantu si bayi tumbuh dan berkembang. Pengabdian Masyarakat ini mulai dilaksanakan pada bulan Maret 2022 di RW 04 (RT 1 dan 3)
Desa Wantisari, Kec. Leuwidamar, Kab Lebak. Metode pelaksanaan kegiatan yang diberikan adalah dalam bentuk penyuluhan dan Demonstrasi pentingnya Baby Massage. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan terhadap ibu ibu diketahui bahwa ibu sudah mengerti tentang pemijatan bayi dan dapat mengaplikasikan langsung gerakan gerakan massage tersebut pada bayinya dan kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari Kepala Desa, Bidan desa dan Kader.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tumbuh Kembang Anak, Pemijatan Bayi, Perkembangan Anak
Subjects: Health Resources
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:07
Last Modified: 26 Sep 2023 01:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19948

Actions (login required)

View Item
View Item