Prediksi curah hujan Waduk Jatiluhur dan sekitarnya berbasis hasil analisis data satelit meteorologi dan skenario luaran model GCM

Sinta Berliana Sipayung and Nani Cholianawati (2010) Prediksi curah hujan Waduk Jatiluhur dan sekitarnya berbasis hasil analisis data satelit meteorologi dan skenario luaran model GCM. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Sinta_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sinta_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Paper ini membahas tentang prediksi curah hujan dengan menggunakan Adaptive Neuro- Fuzzy Inferences Systems (ANFIS) waduk Jatiluhur. Sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Indonesia dan sebagai pensuplai kebutuhan air bagi pertanian di kawasan lumbung padi Jawa Barat, maka kajian tentang prediksi curah hujan diatas waduk Jatiluhur amat sangat diperlukan. Bukan hanya pada saat musim penghujan, tetapi juga saat musim kemarau, keberadaan air di waduk Jatiluhur sangat diperlukan bagi kelangsungan aktivitas perekonomian khususnya pertanian kawasan sentral produksi tanaman pangan. Atas dasar itulah maka makalah ini utamanya membahas prediksi curah hujan sebagai sumber utama pembangkit listrik tenaga tenaga air. Metode ANFIS digunakan untuk prediksi curah hujan TRMM bulanan dan dibandingkan dengan skenario luaran model GCM. Data yang digunakan dari Januari 2001 hingga Juli 2009. Hasil menunjukkan bahwa prediksi curah hujan TRMM bulan Agustus hingga Desember 2009 mengikuti pola observasi dan luaran model GCM dengan korelasi - 0.88 dan MAPE (Mean Absolute Percentage Error) 31.38 dan mempunyai pola curah hujan monsunal. Prediksi curah hujan diperlukan untuk mengetahui besar tinggi muka air waduk Jatiluhur, untuk mengantisipasi jika terjadi perubahan iklim.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ANFIS, curah hujan, luaran GCM GFDL dan TRMM.
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Hydrology
Atmospheric Sciences > Meteorological Data Collection, Analysis, & Weather Forecasting
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 02 Oct 2023 00:24
Last Modified: 02 Oct 2023 00:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item
View Item