Program amancalistung untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung dengan siswa-siswi di SD Inpres Sulamu

David Manafe and Ferdinandus Jonda and Helena Elni Nembo and Adventus Benge and Lidwina Jewati and Stefanus I. Tobi Sogen (2022) Program amancalistung untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung dengan siswa-siswi di SD Inpres Sulamu. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (12): 10. pp. 4259-4267. ISSN 2615-0921

[thumbnail of Jurnal_David Manafe_Universitas Katolik Widya Mandira_2022-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_David Manafe_Universitas Katolik Widya Mandira_2022-10.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

AmanCalistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak yang menginjak SD, bukan anak usia dini. Membaca, menulis dan berhitung termasuk salah satu kemampuan kognitif yang perlu dikuasai anak-anak. Oleh karena itu peserta KKN melakukan pendekatan dengan pihak sekolah di SD Inpres Sulamu untuk menjalankan program AmanCalistung bersama para siswa dari kelas 1, 2, 3 dan 4. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dasar kepada anak agar akan tetapi dalam proses pengajaran AmanCalistung kepada anak tidak boleh dipaksakan. Metode yang dilakukan yaitu penyuluhan untuk memberikan materi, pelatihan serta pendampingan dimana semua siswa dibagi di beberapa ruangan berdasarkan tingkat kelasnya dan dibimbing oleh peserta KKN yang sudah dibagi dalam beberapa kelompok. Hasilnya didapat pada saat melakukan Gebyar AmanCalistung, dimana para siswa mengalami peningkatan dalam membaca, menulis dan berhitung serta digelarnya perlombaan mengenai materi yang telah dipelajari selama proses kegiatan AmanCalistung setiap sore. Saran pada kegiatan ini adalah memotivasi para siswa serta para orang tua agar dapat menerapkan AmanCalistung ini bukan hanya disekolah melainkan dengan bantuan orang tua adik-adik bisa dibimbing di rumah oleh kedua orang tuanya maupun dilingkungan sekitarnya.

AmanCalistung is a basic skill that must be mastered by children entering elementary school, not early childhood. Reading, writing and arithmetic are one of the cognitive skills that need to be mastered by children. Therefore, the KKN participants approached the school at SD Inpres Sulamu to run the AmanCalistung program with students from grades 1, 2, 3 and 4. cannot be forced. The method used is counseling to provide material, training and mentoring where all students are divided into several rooms based on their grade level and are guided by KKN participants who have been divided into several groups. The results were obtained during the AmanCalistung Gebyar, where students experienced improvements in reading, writing and arithmetic as well as holding competitions on the material that had been learned during the AmanCalistung activity every afternoon. Suggestions in this activity are to motivate students and parents to be able to apply AmanCalistung not only at school but with the help of parents, younger siblings can be guided at home by both parents and the surrounding environment.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AmanCalistung, Kognitif, Pelatihan, AmanCalistung, Cognitive, Training, Cognitive ability, Elementary school children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:19
Last Modified: 25 Sep 2023 04:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19898

Actions (login required)

View Item
View Item