Profil vertikal ozon, CIO, dan temperatur di Bandung dan Watukosek berbasis observasi sensor MLS Satelit AURA

Novita Ambarsari and Ninong Komala (2010) Profil vertikal ozon, CIO, dan temperatur di Bandung dan Watukosek berbasis observasi sensor MLS Satelit AURA. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Novita_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Novita_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Profil vertikal komponen atmosfer sangat penting untuk dipelajari berkaitan dengan pengaruhnya terhadap iklim. Komponen atmosfer yang saling berpengaruh satu sama lain diantaranya adalah Klorin monoksida CIO) dan ozon. CIO diketahui berperan sangat besar dalam perusakan lapisan ozon di stratosfer. Reaksi perusakan ini juga sangat dipengaruhi oleh temperatur. Bila temperatur tinggi, reaksi akan berjalan lebih cepat dan molekul ozon akan semakin berkurang. Profil vertikal ozon, CIO, dan temperatur di Bandung dan Watukosek hasil observasi instrument MLS/AURA tahun 2007-2009 menjadi data untuk dipelajari variasinya serta kecenderungannya selama tahun pengukuran tersebut. Hasil analisis menunjukkan variasi bulanan profil vertikal ozon di Bandung dan Watukosek tahun 2007-2009 secara umum menunjukkan konstan dibawah tekanan 100 hPa dan meningkat pada tekanan 100 hpa hingga 0,1 hpa yaitu dari lapisan stratosfer bawah hingga lapisan stratosfer atas kemudian menurun kembali dengan nilai maksimum di lapisan stratosfer pertengahan yaitu pada tekanan 10 hpa dengan ozon miksing rasio maksimum antara 8-11 ppm, ozon minimum di troposfer dan di atas ketinggian 0.01 hPa. Variasi bulanan profil temperatur di Bandung dan Watukosek tahun 2007-2009 menunjukkan minimum di tropopause dan maksimum di lapisan stratopause dan troposfer pada tekanan 1 hpa dan di bawah 1000 hpa. Pola musiman profil temperatur hampir mirip untuk ketiga tahun tersebut. Variasi bulanan profil CIO di Bandung dan Watukosek menunjukkan maksimum di lapisan stratosfer atas dengan konsentarsi CIO antara 0.1 sampai 0.4 ppb. Di lapisan troposfer konsentrasi CIO menunjukkan nilai minimum. Analisis secara rinci akan dibahas pada makalah ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: profil vertikal, ozon, CIO, temperatur, MLS/AURA.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 01 Oct 2023 08:27
Last Modified: 01 Oct 2023 08:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item
View Item