Penerapan metode Thornthwaite untuk mengestimasi evapotranspirasi di Das Citarum menggunakan data Terra-Modis

Nani Cholianawati (2010) Penerapan metode Thornthwaite untuk mengestimasi evapotranspirasi di Das Citarum menggunakan data Terra-Modis. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Nani_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nani_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Informasi tentang evapotranspirasi (ET), atau penggunaan air konsumtif, penting bagi perencanaan sumber daya air dan penjadwalan irigasi. Evapotranspirasi dapat dihitung dengan model Thornwaite menggunakan parameter klimatologi, berupa suhu. Parameter tersebut diperoleh dari data MODIS (Moderate resolution Imaging Spectroradiometer) level 2 MOD07 dari tahun 2000-2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai evapotranspirasi potensial rata-rata bulanan (mm/bulan) dan total (mm/tahun) di wilayah DAS Citarum, salah satu DAS terbesar di Indonesia. Data diolah menggunakan bahasa pemrograman IDL. Wilayah Citarum bagian hilir (utara) memiliki nilai ETP yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian hulu (selatan). Bulan Juni merupakan bulan yang mempunyai nilai ETP rata-rata terendah, sedangkan bulan Oktober mempunyai nilai ETP yang tertinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: evapotranspirasi, Thornthwaite, Terra-MODIS
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Hydrology
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh > Pengolahan Data
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 01 Oct 2023 07:55
Last Modified: 01 Oct 2023 07:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item
View Item