Perilaku curah hujan di Kalimantan Barat (Pontianak, Ketapang, Putussibau, Sintang, dan Sambas

Juniarti Visa and Wendi Harjupa and Ining Sunarsih (2010) Perilaku curah hujan di Kalimantan Barat (Pontianak, Ketapang, Putussibau, Sintang, dan Sambas. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Juniarti_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Juniarti_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara maritim yang di apit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Negara ini juga diapit oleh dua lautan yang besar yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Posisi Indonesia juga terletak di antara garis ekuator memiliki iklim tropis dan radiasi matahari paling banyak diserap. Secara umum kondisi musim yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh fenomena iklim global antaranya El Nino, La Nina atau Dipole Mode dan fenomena iklim regional seperti sirkulasi Monsun Asia-Australia. Angin Monsun adalah angin yang berhembus dan berganti arah dua kali atau polanya berlawanan sepanjang tahunDengan menggunakan metoda analisis Spectral Density diantaranya adalah FFT (Fast Fourier Transform) dan transformasi wavelet. Diperoleh hasil analisis data curah hujan rata-rata bulanan periode 1999 sampai 2008, untuk wilayah Kalimantan Barat seperti Pontianak, Ketapang, Putussibau, Sintang, dan Sambas memiliki pola curah hujan monsun dengan periode 12 bulanan. Monsun pada dasarnya disebabkan oleh efek pemanasan yang berbeda antara daratan dan lautan disekitarnya yang berubah secara musiman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Curah hujan, Monsun, El Nino, La Nina dan Dipole Mode.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 01 Oct 2023 07:33
Last Modified: 01 Oct 2023 07:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item
View Item