Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan media kardus pada siswa kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017

Ahmad Alib Pardianto and Yudi Saputra (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan media kardus pada siswa kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga, 1 (1). pp. 10-21. ISSN 2716-1900

[thumbnail of Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga]
Preview
Text (Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga)
Jurnal_Ahmad Alib Pardianto_STKIP PGRI Jombang_2020-2.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Berdasarkan observasi dengan guru mata pelajaran penjaskes, masih ada permasalahan yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam melakukan lompat jauh dengan 9 siswa yang belum tuntas dan 5 siswa yang tuntas. Dari permasalahan yang ada, perlu dilakukan perubahan proses pembelajaran agar hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung dapat meningkat. Dari pengamatan yang telah dilakukan Pada umumnya, peserta didik di SDN Kademangan I dalam melakukan lompat jauh pada posisi awalan, tolakan, melayang dan mendarat masih kurang. Sehingga hasil yang dicapai kurang optimal, secara umum dapat diketahui bahwa unsur utama penyebab kurangnya pencapaian lompat jauh pada peserta didik sekolah dasar adalah pada saat awalan dan tolakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung melalui permainan media kardus.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan beberapa siklus didalamnya. Pada penelitian ini menggunakan sampel pada kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang, dengan 14 siswa sebagai sampel. Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang dengan sampel berejumlah 14 siswa. Berdasarkan tabel di atas pada pembelajaran siklus pertama terlihat bahwa pemahaman belum maksimal dan banyak peserta didik yang belum tuntas KKM dengan prosentase 57,14% dan pada siklus II mendapatkan prosentase 78,57%. Sehingga didapatkan peningkatan setelah diberikannya permainan media kardus pada siswa kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan media kardus dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik. Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok ini dapat dilihat dari hasil yang didapatkan selama melaksanakan penelitian.

Physical education sports and health is the process of education through physical activity and is also an educational process to improve the physical ability. From the existing problems, it is necessary to change the learning process so that the learning outcomes of students of class V elementaru school Negeri Kademangan 1 Mojoagung can increase. From observations that have been made In general, students in SD Negeri Kademangan I in a long jump on the position of prefix, repulsion, float and landing is still lacking. So the results are less than optimal, generally it can be seen that the main element causing the lack of achievement of long jump in SD Negeri students is at the time of prefix and repulsion. The purpose of this study is to describe the improvement of learning outcomes long jump students class V SD Negeri Negeri Kademangan 1 Mojoagung through cardboard media game. In this research using classroom action research method by using several cycles inside. In this study using the sample in class V in SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang, with 14 students as a sample. After doing Classroom Action Research on grade V students at SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang with sample numbered 14 students. Based on the above table on the first cycle learning shows that the understanding is not maximal and many learners who have not completed the minimum criteria of mastery learning with the percentage of 57.14% and in the second cycle get the percentage of 78.57%. So that the increase after giving the game of cardboard media on the students of class V in SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang. Based on the research results can be concluded that by using cardboard media game can improve the learning outcomes long jump style squat on the learners. Increased learning results of long jump style squatting can be seen from the results obtained during conducting research.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lompat Jauh, Permainan, Learning Outcomes, Long Jump, Games, physical education, elementary school children
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:12
Last Modified: 25 Sep 2023 03:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19857

Actions (login required)

View Item
View Item