Santima, Podomi and Ventje, A. Senduk and Feine, R. Tulung (2021) Hubungan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-18. ISSN 2774-9185
Jurnal_Santima Podomi_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow; untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow; untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa SMK LPMD Adow yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 83 orang siswa dan sampel sebanyak 69 siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,49 atau 49%. terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,53 atau 53%. terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,77 atau 77%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic achievement, Reading interests, Library users |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19825 |