Estimasi daerah rentan banjir dengan analisis geomorfologi dari citra landsat (studi kasus: daerah Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi)

Wikanti, Asriningrum (1998) Estimasi daerah rentan banjir dengan analisis geomorfologi dari citra landsat (studi kasus: daerah Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi). Warta LAPAN (56): 2. pp. 13-22. ISSN 0126-9754

[thumbnail of Jurnal_Wikanti Asriningrum_LAPAN_1998.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Wikanti Asriningrum_LAPAN_1998.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bencana banjir yang menyebabkan kerusakan terbesar dapat diestimasi daerah penyebarannya. Analisis geomorfologi menggunakan citra Landsat dimaksudkan untuk mengestimasi daerah rentan banjir di daerah Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi. Guna mencapai tujuan tersebut diperlukan klasifi-kasi unit bentuk lahan. Data yang digunakan adalah Landsat-TM didukung dengan peta geologi dan peta topografi. Klasifikasi bentuk lahan ole Voskuil digunakan untuk menentukan unit bentuk lahan, berdasarkan aspek geomorfologi. Hasil penelitian menuniukkan bahwa klasifikasi bentuklahan detail dapat mengestimasi kerentanan banjir pada tiap-tiap unit bentuklahan. Penelitian selanjutnya untuk menggabungkan hasil penelitian ini dengan parameter lain disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Landsat satellites, Geomorphology, Floods
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Kerjasama Operasional > Bidang Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 31 Jul 2023 13:55
Last Modified: 31 Jul 2023 13:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item
View Item