Pemanfaatan data lightning dalam membangun simulasi peringatan dini cuaca ekstrim di Bandung, Jawa Barat

Deni Septiadi and Safwan Hadi and Bayong Tjasyono (2010) Pemanfaatan data lightning dalam membangun simulasi peringatan dini cuaca ekstrim di Bandung, Jawa Barat. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Deni_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Deni_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengkaji parameter kilat yang dapat digunakan sebagai indikator dan prediktor dalam melakukan analisis prakiraan cuaca ekstrim. Sebelumnya banyak negara memanfaatkan piranti radar dalam melacak kondisi ekstrim atmosfer lokalPiranti ini dapat memberikan informasi mengenai butir air pembentuk awan melalui sistem gema (echo). Namun demikian di Indonesia tidak semua stasiun meteorologi milik BMKG memiliki radar, sehingga diperlukan alternatif lain seperti memanfaatkan data kilat/petir. Kajian aktivitas kilat diawali oleh proses fisis dalam awan yang terepresentasi dalam taraf cumulus, mature dan dissipasiTaraf cumulus ditandai dengan frekuensi CG (Cloud-Ground) yang minim, sejalan dengan dominasi proses konveksi oleh updraft. Dalam kondisi atmosfer yang semakin labil dengan updraft dan downdraft cenderung berimbang, proses tumbukan dalam awan semakin kuat sehingga akan memicu terjadinya peningkatan CG secara cepat sebagai representasi awan yang matang (mature) dan tak jarang disertai dengan curahan yang lebat/sangat lebat. Proses elektrifikasi awan mencapai kondisi jenuh ketika temperatur parsel udara telah mencapai level temperatur lingkungan yang ditandai melemahnya updraft dan dominasi downdraft sehingga terjadi penurunan kuantitas kejadian CGPemahaman akan keganjilan aktivitas kilat akan memberikan informasi penting dalam struktur, pertumbuhan awan, labilitas atmosfer ataupun sebagai warning (peringatan) cuaca ekstrim.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Lightning, cumulus, matur, dissipasi, simulasi.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 25 Sep 2023 23:56
Last Modified: 25 Sep 2023 23:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19774

Actions (login required)

View Item
View Item