Rancang bangun software penjejak posisi dan pemantau profil vertikal data CO2 Sonda

Asif Awaludin (2010) Rancang bangun software penjejak posisi dan pemantau profil vertikal data CO2 Sonda. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Asif_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Asif_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dibangun software penjejak posisi dan pemantau profil vertikal data CO, Sonda yang digunakan untuk memantau pergerakan CO, Sonda yang diterbangkan oleh balon meteorologi 2000gram, serta merekam dan menampilkan profil vertikal data hasil pengukurannya secara real timeSoftware bekerja berdasarkan data yang diterimanya dari perangkat keras ruas bumi yang merupakan unit penerima untuk CO₂ SondaPembuatan software dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan komponen tambahan berupa software MapObjects 2.1. Software ini mempunyai kemampuan menampilkan posisi koordinat lintang dan bujur CO, Sonda pada sebuah peta digital ataupun peta image, serta menampilkan grafik profil vertikal dari CO,suhu udara, dan kelembaban udara secara real timeDengan demikian maka posisiketinggian, serta waktu putus CO, Sonda dari balon akan dapat diamati sehingga memudahkan dalam proses recoveryDisamping itu pemantauan real time profil vertikal akan memudahkan dalam analisis awal terhadap profil vertikal tersebut. Dari hasil pengujian didapat bahwa software mampu menjejak posisi dan ketinggian dengan benar dan mampu menampilkan data profil vertikal CO,, suhu udara, dan kelembaban udara sesuai dengan profil vertikal hasil pengukuran radiosonda yang lainSoftware ini dapat juga digunakan untuk pemantau roket sonda dengan penyesuaian format data.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: software, CO, Sonda, profil vertikal, peta
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pengembangan Pengoperasian, dan Pemeliharaan Peralatan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 25 Sep 2023 23:38
Last Modified: 25 Sep 2023 23:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item
View Item