Meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris melalui pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas VII SMPN 14 Padang

Sefni Yusramaita (2022) Meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris melalui pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas VII SMPN 14 Padang. Jurnal Pendidikan, 2 (1): 15. pp. 85-89. ISSN 2962-4568

[thumbnail of Jurnal_Sefni Yusramaita_Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang_2022-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sefni Yusramaita_Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang_2022-15.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative
learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model TGT berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model TGT terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa Inggris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Inggris, kooperatif model TGT
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 23 Sep 2023 10:06
Last Modified: 23 Sep 2023 10:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item
View Item