Fathur, Rohman (2022) Strategi pembiasaan diri dalam melatih kemandirian anak melalui program aku bisa. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (2): 5. pp. 128-142. ISSN 2964-2310
Jurnal_Fathur Rohman_STAI Nurul Huda Situbondo_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya melatih kemandirian anak usia dini melalui program “Aku Bisa” yang berbasis pembiasaan diri. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di TK Sinar Harapan, Situbondo sebagai pencetus program “Aku Bisa”. Untuk mengkaji program tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik analisis data yang digunakan setelah data terkumpul melalui wawancara dan observasi yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program “Aku Bisa” terdiri atas kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan sejak anak didik tiba di sekolah hingga waktu pembelajaran usai serta evaluasi bersama wali murid setiap dua bulan sekali. Implikasinya, upaya melatih kemandirian anak akan berhasil apabila orang tua juga turut mendukung kegiatan program dan memantauperkembanganny
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan diri, Kemandirian, Program Aku Bisa |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19701 |