Sinta Dewi (2022) Upaya meningkatkan penguasaan keterampilan berbahasa asing melalui metode memorize-speak up-habituation. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 3. pp. 28-42. ISSN 2964-2310
Jurnal_Sinta Dewi_UIN Raden Mas Said Surakarta_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengkaji penggunaan metode MSH (Memorize-Speak Up-Habituation) terhadap keterampilan penguasaan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus di lembaga LIPs (Language Intensive Program of SMP Nurul Jadid) Paiton, Probolinggo. Adapun instrument pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan wawancara mendalam serta dokumentasi untuk mendukung kelengkapan data. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan hasil penelitian. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa metode MSH diterapkan dengan tahapan Memorize (mengingat) kosakata baru serta pelafalannya; Speak Up (berbicara) atau mengintegrasikan penggunaan kosakata baru dalam kegiatan speaking (berbicara); dan Habituation (pembiasaan) kegiatan berbahasa asing. Penelitian ini menunjukkan implikasi bahwa dengan metode MSH, anggota LIPs dapat menguasai 4 kompetensi bahasa Inggris (listening, writing, reading, speaking) dengan tepat walau membutuhkan kedisiplinan tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode habituation-speak up-habituasi, Keterampilan bahasa asing |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19692 |