Uswatun, Hasanah (2022) Penggunaan metode think-pair-share dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran PKn. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 2. pp. 15-27. ISSN 2964-2310
Jurnal_Uswatun Hasanah_IKIP PGRI Jember_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (961kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji tentang penerapan pembelajaran PKn menggunakan metode Think-Pair-Share dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif. Penelitian ini dilakukan pada lembaga formal yang berada di wilayah probolinggo MI Raudlatul faizin Dusun karanganyar Sokaan Krejengan Probolinggo. Teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, lembaga menggunakan metode Think-Pair-Share dalam pembelajaran PKn, kedua presentation dilakukan dengan cara kerangka awal kegiatan, penerapan pembelajaran model Think-Pair-Share, evaluasi kegiatan. Implikasi yang diperoleh dalam penerapan pembelajaran PKn menggunakan Model Think-PairShare mampu mengembangkan pemahaman siswa terhadap pelajaran PKn yang dilakukan dengan trik dan kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Think-Pair-Share, Meningkatkan pemahaman |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19691 |