Evaluasi pemanfaatan dosis radiasi dan kontaminasi pekerja radiasi reaktor G.A. Siwabessy tahun 2007

Sunarningsih and A. Lilik (2009) Evaluasi pemanfaatan dosis radiasi dan kontaminasi pekerja radiasi reaktor G.A. Siwabessy tahun 2007. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Aplikasi Reaktor Nuklir Tahun 2009, 20 Agustus 2009, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Sunarningsih_Pusat Reaktor Serba Guna_2009.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sunarningsih_Pusat Reaktor Serba Guna_2009.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pemanfaatan dosis radiasi dan kontaminasi pekerja radiasi reaktor G.A. Siwabessy tahun 2007. Hasil pelatihan dosis penerimaan radiasi dengan TLD badge selama periode tahun 2007, menunjukkan bahwa Dosis Ekivalen Seluruh Tubuh (DEST) atau Hp 10, rata-rata tertinggi terjadi pada tri wulan I, untuk bidang sistem reaktor yaitu 0,33±0,29 mSv, dan rata rata terendah untuk bidang Unit Pengamanan Nuklir (UPN) dan Unit Jaminan Mutu (UJM) yaitu tak terdeteksi ... Dosis tertinggi, terjadi pada tri wulan III yaitu 3,57 mSv unuk pekerja bidang radiasi operasi reaktor, sedangkan dosis terendah yaitu tak terdeteksi, untuk bidang UPN dan UJM. Dosis tahunan tertinggi adalah radiasi dari medan operasi reaktor PRSG yaitu 7,30 mSv. Untuk pelatihan dosis yang dilakukan dengan menggunakan alat Whole Body Counting (WBC) menunjukkan bahwa tingkat konservasi radionuklida hasil aktivasi dan fisi didalam tubuh tidak terdeteksi. Untuk pemantauan bahaya tinggi pada pakaian kerja tahun 2007 ada 34 kasus, yang sebagian besar adalah pekerja radiasi dari bidang operasi reaktor dan sistem Reaktor. Dosis personel yang diterima pekerja radiasi tersebut masih jauh dibawah Nilai Batas Dosis (NDB) pertahun yang diperbolehkan oleh IAEA yaitu (20 mSv/tahun) dan juga BAPETEN maka tingkat keselamatan radiasi personel PRSG masih dapat dipertanggung jawabkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Dosis radiasi personil
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Divisions: BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
IPTEK > BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 24 Sep 2023 10:41
Last Modified: 24 Sep 2023 10:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item
View Item