Strategi guru dalam pembelajaran blended learning berbasis moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMKN 2 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021

Rani Tiara Sari and Muhammad Anasrulloh (2021) Strategi guru dalam pembelajaran blended learning berbasis moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMKN 2 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-9. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Jurnal_Rani Tiara Sari_Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rani Tiara Sari_Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi blended learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru AKL, guru OTKP, dan 3 perwakilan siswa OTKP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru sama yaitu jika online guru akan memberikan materi dan tugas pada Moodle. Guru juga memberikan waktu untuk mengerjakan tugas dan melakukan absensi.

This study aims to determine the Moodle-based blended learning strategy to increase learning independence in business economics subjects at SMKN 2 Tulungagung. This research uses qualitative research. The informants of this research were the vice principal of the curriculum division, AKL teacher, OTKP teacher, and 3 OTKP student representatives. The data collection techniques of this research are interviews and documentation. The results of this study are the strategies used by the teacher are the same, namely if online the teacher will provide materials and assignments on Moodle. The teacher also gives time to do assignments and make attendance.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Moodle, Pembelajaran Mandiri, Ekonomi Bisnis, Independent Learning, Business Economics, Educational research, Educational development
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:29
Last Modified: 22 Sep 2023 04:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item
View Item