Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening

Tia, Peppy Widyanty and Agus, Eko Sujianto (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi), 7 (2): 2. pp. 13-30. ISSN 2721-9313

[thumbnail of JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI]
Preview
Text (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI)
Jurnal_Tia Peppy Widyanty_UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh kualitas produk melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Nirmala Food and Beverages Trenggalek, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form. Alat analisisnya menggunakan SPSS 23.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Kualitas produk secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) Kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Kualitas produk melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Nirmala Food and Beverages Trenggalek. Keterbatasan penelitian ini hanya mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, sedangkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Services, Quality of products, Consumer behavior, Client satisfaction
Subjects: Economics and Business
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:12
Last Modified: 25 Jul 2023 05:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

View Item
View Item