Tia, Peppy Widyanty and Agus, Eko Sujianto (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi), 7 (2): 2. pp. 13-30. ISSN 2721-9313
Jurnal_Tia Peppy Widyanty_UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (556kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh kualitas produk melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Nirmala Food and Beverages Trenggalek, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form. Alat analisisnya menggunakan SPSS 23.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Kualitas produk secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) Kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Kualitas produk melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Nirmala Food and Beverages Trenggalek. Keterbatasan penelitian ini hanya mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, sedangkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Services, Quality of products, Consumer behavior, Client satisfaction |
Subjects: | Economics and Business |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19648 |