Penanaman nilai karakter melalui bercerita menggunakan kisah nabi pada anak usia dini

Budi, Widyaningsih (2022) Penanaman nilai karakter melalui bercerita menggunakan kisah nabi pada anak usia dini. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 1 (1): 6. pp. 39-49. ISSN 2964-5832

[thumbnail of Jurnal_udi Widyaningsih_UNNES Semarang_2022-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_udi Widyaningsih_UNNES Semarang_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai karakter melalui bercerita melalui pembiasaan bersalaman pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman yaitu pengoleksian data, menyajikan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian guru, anak, orang tua di TK B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Nurul Ilmi kecamatan Candimulyo. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan bercerita menggunakan kisah nabi dapat menanamkan nilai karakter pada anak usia dini. Nilai karakter yang muncul diantaranya karakter sabar, jujur, religius, rendah hati, dan pemaaf. Karakter yang muncul merupakan perwujudan dari keteladanan kisah nabi yang diceritakan kepada anak-anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter, Bercerita, Kisah nabi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:18
Last Modified: 17 Jul 2023 08:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item
View Item