Hanifah, Kurniati and Yanwar, Ibnu Hanif (2022) Implementasi dan evaluasi metode kegiatan main dalam pendidikan kebencanaan pada anak usia dini. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 1 (1): 5. pp. 30-38. ISSN 2964-5832
Jurnal_Hanifah Kurniati_STIT Ihsanul Fikri_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (213kB) | Preview
Abstract
Pendidikan kebencanaan merupakan serangkaian upaya dalam pengurangan risiko bencana dengan cara mengintegrasikan muatan kebencanaan ke dalam kurikulum dan pembelajaran yang sedang dan akandilaksanakan. Studi ini bertujuan mengkaji implementasi pendidikan kebencanaan pada anak usia dini dan bagaimana evaluasi terhadap implementasi tersebut. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah systematic literature review dengan menelaah 15 artikel ilmiah dari jurnal atau prosiding nasional dan internasional melalui database Google Scholar. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia telah memiliki pedoman kebijakan pendidikan kebencanaan yang sistematis dan komprehensif. Implementasi metode kegiatan main bekaitan dengan kebencanaan juga banyak dan beragam di satuan pendidikan anak usia dini. Namun demikian, pendidik perlu lebih memperhatikan aspek perkembangan anak usia dini dan sistem lingkungan yeng berinteraksi dengan anak usia dini untuk dapat mengoptimalkan efektivitas pendidikan kebencanaan pada anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kebencanaan, Metode kegiatan main, Anak usia dini |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:16 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19645 |