Analisis parameter Monsun, Enso, Dipole Mode dan MJO sebagai precursor iklim

Eddy Hermawan and Trismidianto and Iban Fathrio and Ining Sunarsih (2010) Analisis parameter Monsun, Enso, Dipole Mode dan MJO sebagai precursor iklim. In: "Seminar Nasional Sains Atmosfer 2010" Kontribusi Sains Atmosfer dalam menghadapi Perubahan Iklim Indonesia, 16 Juni 2010, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Eddy_LAPAN_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Eddy_LAPAN_2010.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Makalah ini utamanya membahas dampak fenomena iklim global, seperti MonsunENSO, Dipole Mode, dan MIO terhadap perubahan iklimkhususnya curah hujan di IndonesiaAda empat pokok permasalahan yang akan kami bahas dalam makalah ini, yakni; (1)Adakah osilasi lain yang perlu dikaji lebih lanjut, selain fenomena Monsun, (2). Perlukah kita kita memodelkan data indeks iklim global(3). Precursor apa yang dapat dijadikan acuan dalam "mengintip datangnya bencana atmosfer di masa mendatang dan (4)Adakah cara mudal/sederhana yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi bila awal musim penghujan/kemarau di Indonesia?Satu hal yang perlu dicatat disini adalah fenomena tersebut tidaklah berdiri sendiri, kadang kala mereka saling menguatkankadang kala pula saling melemahkan, seperti yang terjadi di tahun 1997 dan 1998Hasil analisis indeks data iklim global (Monsun, ENSO, Dipole Mode, dan MJO) rata-rata bulanan sejak Januari 1979 hingga Desember 2008 menunjukkan bahwa fenomena Monsun tetap saja yang paling dominan Sementara ENSO dan Dipole Mode, dan juga kombinasi keduanya, yakni hasil kali silang antara parameter SST Nino 3.4 dan DMI menunjukkan variabilitas yang relatif tinggihampir menyamai asilasi Monsun. Osilasi "baru inilah yang kiranya dapat digunakan sebagai precursor akan terjadinya anomali (penyimpangan) perubatan iklimkhususnya curah hujan di Indonesia di masa mendatang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Monsun, ENSO, Dipole Mode, MJO, dan Precursor Iklim
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 23 Sep 2023 06:50
Last Modified: 23 Sep 2023 06:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19628

Actions (login required)

View Item
View Item