Nur, Fakhrunnisa and Rafika, Hutami Putri and Marwan, Ramdhany Edy and Armiana, Armiana and Zainab,, Zainab and Muh., Juharman (2023) Gamification sebagai strategi peningkatan kualitas belajar mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1 (1): 8. pp. 63-68. ISSN 2985-3214
Jurnal_Nur Fakhrunnisa_IAIN Palopo_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (250kB) | Preview
Abstract
Gamifikasi merupakan langkah yang dapat dilakukan dalam membantuMahasiswa mencapai tujuan belajar mereka. Pada umumnya Mahasiswa tidak suka melakukan pekerjaan yang berulang dalam waktu yang lama, namun rela menghabiskan banyak waktu untuk bermain game.Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap penerapan Gamifikasi dalam pembelajaran di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk melihat respon mahasiswa setelah dilakukan penerapan. Mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer yang terdiri dari 2 prodi yaitu Teknik Komputer dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner Google Form dengan 25 pernyataan. Pernyataan dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu pernyataan Favorable dan Unfavorable yaitu penyataan yang mendukung dan tidak mendukung suatu objek. Data yang diperoleh melalui Skala Likert dengan menggunakan statistic diskriptif kualitatif. Analisis ini dimaksud untuk menggambarkan karakteristik data pada masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan kinerja belajar dalam pembelajaran mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, Motivasi, Inovatif, Menyenangkan |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19623 |