M., Miftach Fakhri and Rifqa, Awalia and Jumadil, Ahmad Safi’i and Muh., Akbar B and Nurikhlas, Nurpa Gunawan and Della, Fadhilatunisa (2023) Hubungan flipped classroom dengan kepuasan dan kecemasan belajar online mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1 (1): 7. pp. 53-62. ISSN 2985-3214
Jurnal_M. Miftach Fakhri_Universitas Negeri Makassar_2023-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (312kB) | Preview
Abstract
Kebijakan baru terjadi di dunia pendidikan, yang dimana sebelum adanya wabah Covid-19 pembelajaran yang mengharuskan belajar di kelas atau gedung, dalam hal ini yaitu pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara online. Salah satu inovasi dalam metode pembelajaran yang muncul saat ditetapkannya pembelajaran secara online yaitu model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini bertujuasn untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran flipped classroom dengan kepuasan dan kecemasan belajar online mahasiswa yang ada di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu sebanyak 42 orang mahasiswa. Data yang dihasilkan berasal dari pengumpulan data dalam bentuk angket (kuesioner) yang disebarluaskan secara online menggunakan google form. Analisis data menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban alternatif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara flipped classroom dengan kepuasan dan kecemasan belajar online mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelas terbalik, Belajar online, Kepuasan, Kecemasan, Mahasiswa |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19622 |