Sosialisasi strategi membaca metakognitif kepada siswa SMAN 1 Kefamenanu Nusa Tenggara Timur

Delti Yulita and Gloriana Sinu (2023) Sosialisasi strategi membaca metakognitif kepada siswa SMAN 1 Kefamenanu Nusa Tenggara Timur. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (1): 15. 136 -147. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Delti Yulita_Universitas Timor_2023-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Delti Yulita_Universitas Timor_2023-15.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris dengan memperkenalkan strategi membaca metakognitif yang dapat membuat siswa menjadi pembaca yang efektif. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur yang berdasarkan hasil penelitian awal masih memiliki kemampuan membaca Bahasa Inggris yang rendah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah memperkenalkan pentingnya penggunaan strategi dalam membaca, menggali jenis strategi metakognitif yang paling sering digunakan siswa dan menerapkan strategi metakognitif dalam membaca teks Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil survei pertama, siswa belum mengnal strategi metakognitif dalam membaca. Setelah mengenal strategi metakognitif, siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya strategi ini untuk membantu mereka memahami isi teks Bahasa Inggris. Hasil dari angket menunjukkan siswa lebih sering menggunakan support strategy dibandingkan problem-solving strategy dan global strategy. Temuan akhir kegiatan ini menunjukkan respon positif dari siswa akan penggunaan strategi membaca metakognitif.

The purpose of this program is to improve students’ ability in reading English text by exposing the metacognitive reading strategy to make them an effective reader. This program was conducted in Senior High School in Kefamenanu, East Nusa Tenggara where the preliminary research has shown that students’ reading ability is still low. The method used in this service program is introducting the significance benefits of metacognitive in reading, exploring what category in metacognitive that used frequently by the students, and applying the metacognitive strategy in reading English text. Based on the first survey, the students did not familiar with metacognitive strategy in reading. After being introducing to metacognitive reading strategy, students become more aware about the importance of using
strategy in reading. The result of metacognitive questionnaire showed that students frequently use support strategy more than problem-solving and global strategy. At last, students’ give positive feedback and perception about metacognitive reading strategy.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metakognitif, Strategi, Membaca, Metacognitive, Reading, Strategy, Cognitive ability, Reading ability.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Sep 2023 13:00
Last Modified: 15 Sep 2023 13:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item
View Item