Pengaruh motivasi belajar dan pengetahuan keteknikan terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang

Yuanita, Yuanita and Muh., Ardi and Abd., Muis P and Putri, Nanda Sari (2023) Pengaruh motivasi belajar dan pengetahuan keteknikan terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang. Jurnal Pendidikan Terapan, 1 (1): 6. pp. 46-52. ISSN 2985-3214

[thumbnail of Jurnal_Yuanita_Universitas Negeri Makassar_2023-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Yuanita_Universitas Negeri Makassar_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengetahuan keteknikan, motivasi belajar, dan keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang, (2) Pengaruh pengetahuan keteknikan terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang dan (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan korelasional. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferential yaitu uji persyaratan analisis dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengetahuan keteknikan, berada pada kategori sangat tinggi, motivasi belajar pada kategori sangat tinggi, dan keterampilan berada pada kategori sangat tinggi, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan keteknikan terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Enrekang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan keteknikan, Motivasi belajar dan keterampilan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:53
Last Modified: 10 Jul 2023 02:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item
View Item