Blended learning dalam menghadapi era society 5.0

Irwansyah, Suwahyu and Nurul, Fajriani Rasid and Muttaqia, Muttaqia and Yasin, Anil Hakim Gobel and Ainun, Zahra Adistia (2023) Blended learning dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Pendidikan Terapan, 1 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2985-3214

[thumbnail of Jurnal_Irwansyah Suwahyu_Universitas Negeri Makassar_2023-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Irwansyah Suwahyu_Universitas Negeri Makassar_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (428kB) | Preview

Abstract

Society 5.0 merupakan suatu ide dan konsep yang membawa perubahan besar dalam penyelesaian masalah masyarakat dengan pemanfaatan teknologi serta denganmempertimbangkan aspek manusia dan humaniora. Pada masa ini bermunculan penggunaan teknologi seperti internet dan e-learning telah efektif digunakan dalam pendidikan tinggi, salah satunya adalah pembelajaran dengan blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan SYAM-OK pada pembelajaran blended learning kampus UNM. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen Google Form yang disebarkan secara online. Sampel untuk penelitian ini adalah mahasiswa aktif kampus UNM (Mahasiswa pengguna SYAM-OK), sebanyak 79 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu; (1) pembelajaran online menggunakan blended learning mampu mempengaruhi hasil belajar mahasiswa; (2) proses pembelajaran online berbasis blended learning terbilang efektif dilihat dari hanya 10 responden/mahasiswa dengan rata-rata 1,3% yang tidak memahami konsep pembelajaran blended learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Society 5.0, Blended learning, E-learning, SYAM-OK, Mahasiswa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:53
Last Modified: 10 Jul 2023 02:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item
View Item