Pendekatan model Entity Relasional (ER) untuk pengelolaan data sains antariksa

Elyyani (2016) Pendekatan model Entity Relasional (ER) untuk pengelolaan data sains antariksa. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Elyyani_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Elyyani_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan data sains antariksa yang berorientasi database terus dikembangkan agar mampu melakukan penyimpanan, pemeliharaan serta pengambilan data yang tersimpan Sebelum melakukan penyusunan basis data selalu didahului dengan pekerjaan pemodelan data. Model data adalah kumpulan data dan prosedur yang menjelaskan hubungan logis antar data berdasarkan objek data Pada saat penyusunan basis data sering kali ditemukan ketidaksesuaian batasan jumlah entitas yang digunakan serta tingkat relasinya Hal tersebut akan berakibat duplikasi data pada aplikasi. Pada penelitian ini pemodelan sistem basis data dilakukan melalui pendekatan perancangan konseptual yang berbasis objek berupa diagram relasi entitas (entity relationship/ER Diagram)Pada relasi entitas digambarkan tipe objek tentang pengelolaan data serta relasi antar objek data Dasar pembuatan diagram tersebut adalah berupa persepsi atau hasil pengamatan kondisi sistem yang sedang berjalan Tahapan yang dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jenis data pengamatan yang akan disimpan dalam database kemudian dituangkan kedalam desain logis dengan menentukan entitas relasiatribut dan kunciu tama (primary key)Tujuan penelitian ini adalah menentukan kebutuhan spesifikasi database yang dapat digunakan pada tahap perancangan database relasional Hasil dari penelitian ini adalah berupa diagram relasi entitas(ER) sebagai acuan(dokumentasi) dalam mengembangkan system aplikasi basis data sains antariksa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: model entity relationship entitas, atribut, kunci utama, basis data
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Instrumentasi dan Basis Data Antariksa
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penyimpanan dan Pendistribusian Data
Taksonomi LAPAN > Teknologi Informasi dan Komunikasi > Sistem Informasi
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:36
Last Modified: 20 Sep 2023 03:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item
View Item