Sistem layanan informasi cuaca antariksa dengan menggunakan metode prototyping

Rizal Suryana and Ahmad Zulfiana and Yoga Andrian and Tiar Dani (2016) Sistem layanan informasi cuaca antariksa dengan menggunakan metode prototyping. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Rizal_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Rizal_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cuaca antariksa menggambarkan kondisi di antariksa yang meliputi kondisi pada matahari, angin surya, magnetosfer, ionosfer dan termosfer. Cuaca antariksa akan mengganggu teknologi berbasis antariksa antara lain pada sistem komunikasi radio, komunikasi satelit, navigasi dan penginderaan jauh serta dapat menyebabkan kerusakan pada teknologi tersebut. Penyebarluasan layanan informasi cuaca antariksa akan menjadi lebih efektif dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk layanan informasi cuaca antariksa tidak dibatasi oleh waktu, jarak dan perangkat komunikasi informasi ini digunakan sebagai mitigasi dampak cuaca antariksa, sehingga pelaku teknologi berbasis antariksa dapat mengurangi resiko dampak yang ditimbulkan oleh cuaca antariksa Penyebarluasan informasi cuaca antariksa dilakukan menggunakan sistem informasi berbasis web. Pengembangan sistem informasi cuaca antariksa dengan menggunakan metode prototypingMetode prototyping merupakan sebuah metode iterative dalam pengembang sistem yang membutuhkan interaksi antara pengembang dan pengguna selama proses berlangsung Sehingga sistem informasi dapat secara langsung di publikasikan walaupun masih dalam proses pengembangan. Sistem informasi cuaca antariksa akan memberikan informasi kondisi saat ini dan prediksi satu hari kedepan mengenai Flare, Geomagnet, lonosfer dan Sintilasi. Selain itu diberikan informasi mengenai Radio Komunikasi HF (Radio Blackout, shortwave fadeout dan fading)Navigasi (error posisi and loss of lock)satelit (proton energi tinggi, electron energi tinggi) dan data hasil penghematan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Metode Prototyping, Informasi Cuaca Antariksa
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Taksonomi LAPAN > Teknologi Informasi dan Komunikasi > Sistem Informasi
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 17 Sep 2023 09:03
Last Modified: 17 Sep 2023 09:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19450

Actions (login required)

View Item
View Item